Monday, February 28, 2011

Isi Method bwat Jawab Tugas Pemrograman IV - I.B

Ini adalah isi dari beberapa method untuk Tugas Pemrograman IV - I.B dan untuk ADT I.Bnya udah di bahas di postingan sebelumnya:
CPoint MakeCPoint(float x, float y, int c)
{
    CPoint CP;

    CP.P.x = x;
    CP.P.y = y;
    CP.color = c;

    return CP;
}

void BacaCPoint(CPoint* P)
{
    cout << " input x = "; scanf("%f", &P->P.x);
    cout << " input y = "; scanf("%f", &P->P.y);
    cout << " input c = "; scanf("%d", &P->color);
}

float GetColor(CPoint P)
{
    if(P.color == 1)
        cout << "merah";
    else if (P.color == 2)
        cout << "biru";
    else if (P.color == 3)
        cout << "kuning";
    else if(P.color == 4)
        cout << "hijau";
    else
        cout << "Hitam";
    return P.color;

}

void TulisCPoint(CPoint P)
{
    printf("(%.f ,%.f )-", GetAbsis(P), GetOrdinat(P));
    GetColor(P);
}

ADT bwat Jawab Tugas Pemrograman IV - I.B

Nah klo yg ini, adalah ADT bwat Tugas Pemrograman IV - I.B, gni  nih ADT nya:
typedef struct{
    float x;
    float y;
} Point;

typedef struct{
    Point P;
    int color;
}CPoint;

Coba Jawab Tugas Pemrograman IV - I.A

Mau coba jawab tugas pemrograman IV yang A ah, hehe . . . :D
isi dari beberapa method-methodnya kurang lebih ky gini:
Point MakePoint(float x, float y)
{
    Point P;
    P.x = x;
    P.y = y;
    return P;
}

void BacaPoint(Point* P) {
    cout << "x = "; scanf("%f", &P->x);
    cout << "y = "; scanf("%f", &P->y);
}

float GetAbsis(Point P){
    return P.x;
}

float GetOrdinat(Point P)
{
    return P.y;
}

void setAbsis(Point *P, float x)
{
    P->x = x;
}

void TulisPoint(Point P)
{
    printf("(%.f , %.f)", GetAbsis(P), GetOrdinat(P));
}

Friday, February 25, 2011

Method Membuat Titik dengan C/C++

typedef struct{
    float x;
    float y;
} Titik;


berikut ini adalah method untuk membuat titik dari ADT di atas:

Titik BuatTitik(float x, float y) //membuat titik
{
    Titik T; // T di deklarasikan sebagai Titik

    T.x = x; //Titik.x diisi dengan nilai x
    T.y = y; //Titik.y diisi dengan nilai y

    return T; //nilai dikembalikan ke T sebagai Titik
}

Tugas Pemrograman IV (28 Pebruari dan 1 Maret)

Bwat temen-temen yg ngambil mata kuliah pemrograman IV kelas hari senin or hari selasa ada TUGAS untuk tanggal 28 Pebruari or 1 Maret, berikut adalah tugasnya:
  1. Buat method beserta parameternya bila diperlukan dari object dan adt yang terdapat pada file Presentation1.ppt 
  2. Kerjakan Latihan A, B, dan C pada halaman 23-25 pada file IntroToOOP.pdf , yaitu melengkapi program yang sudah ada.

Saturday, February 12, 2011

Artificial Intelligence

Pengertian  Artificial Intelligence
 
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapamacam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar,permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan, teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat lunakkomputer rumah dan video game. 'Kecerdasan buatan' ini bukan hanya ingin mengertiapa itu sistem kecerdasan, tapi juga mengkonstruksinya. Tidak ada definisi yang memuaskan untuk 'kecerdasan':
      1. kecerdasan: kemampuan untuk memperoleh pengetahuan dan menggunakannya
     2. atau kecerdasan yaitu apa yang diukur oleh sebuah 'Test Kecerdasan' Secara garis besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional danKecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik. Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI, Good Old Fashioned Artificial Intelligence).
Metoda- metodanya meliputi:
1. Sistem pakar: menerapkan kapabilitas pertimbangan untuk mencapai kesimpulan. Sebuah sistem pakar dapat pemproses sejumlah besar informasi yang diketahui dan menyediakan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan pada informasi-informasi tersebut.
2. Petimbangan berdasar kasus
3. Jaringan Bayesian
4. AI berdasar tingkah laku: metoda modular pada pembentukan sistem AI secara manual Kecerdasan komputasional melibatkan pengembangan atau pembelajaran iteratif (misalnya penalaan parameter seperti dalam Sistem koneksionis. Pembelajaran mini berdasarkan pada

Basis Data

BASIS DATA
  • Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah
  • Kumpulan data yang salng berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundancy) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan
  • Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan tertentu 

TUJUAN PEMANFAATAN BASIS DATA

  1. Kecepatan dan Kemudahan (agar pengguna bisa menyimpan, melalukan perubahan/ manipulasi dan menampilkan data dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa ).
  2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (dengan basis data kita mampu melakukan penekanan jumlah pengulangan data, baik dengan menetapkan sejumlah pengkodean atau dengan membuat relasi-relasi antara kelompok data yang saling berhubung).
  3. Keakuratan (Accuracy)
    Agar data sesuai dengan aturan dan batasan tertentu dengan c

Tuesday, February 8, 2011

Metode Numerik

Pengertian Metode Numerik

Metode  Numerik adalah teknik-teknik yang digunakan untuk memformulasi kan masalah matematis agar dapat dipecahkan  dengan operasi perhitungan.

Tujuan Metode Numerik

Sebelum komputer digunakan untuk penyelesaian komputasi, dilakukan dengan berbagai metode yang memiliki kendala-kendala. Metode yang digunakan antara lain:
  • Metode Analitik, Solusi ini sangat berguna namun terbatas pada masalah sederhana. Sedangkan Masalah real yang komplek dan non linier tidak dapat diselesaikan.
  • Metode Grafik,  metode ini digunakan Sebagai pendekatan penyelesaian yang kompleks. Kendalanya bahwa metode ini Tidak akurat, sangat lama, dan banyak membutuhkan waktu.
  • Kalkulator dan Slide Rules, Penyelesaian numerik secara manual. Cara ini cukup lama dan mungkin bisa terjadi kesalahan pemasukan data.

Prosedur Shell Sort C/ C++

Berikut ini adalah prosedur shell short :
void shellsort(int a[ ], int n)
     {
            int j,i,m,mid;
            for(m=n/2;m>0;m/=2)
            {
                  for(j=m;j=0;i-=m)
                 {
                          if(a[i+m]>=a[i])
                          break;
                          else
                          {
                                    mid=a[i];
                                    a[i]=a[i+m];
                                    a[i+m]=mid;
                           }
                  }
            }
      }

Fungsi Rekursif Bilangan Fibonacci C/ C++

Berikut ini adalah fungsi untuk menentukan bilangan fibonacci dengan menggunakan rekursif:
int Fibonacci(unsigned int f)
{
      if ((f==0) || (f==1)){
           return f;
      }
     else {
           return Fibonacci(f-1)+Fibonacci(f-2);
    }
}

Fungsi Rekursif Segitiga Pascal C/ C++

Berikut ini adalah fungsi segitiga pascal menggunakan rekursif:
int SegitigaPascal(int baris, int posisi)
{
    if(posisi==0||posisi==baris)
          return 1;
   else
          return SegitigaPascal(baris-1,posisi)+ SegitigaPascal(baris-1,posisi-1);
}

Fungsi Rekursif Pangkat Tiga C/ C++

Berikut ini adalah fungsi untuk menentukan pangkat 3 dari suatu bilangan integer menggunakan rekursif:
int Pangkat3(int A, int B){
    if(B==0)
       return 1;
   else
       return A*Pangkat3(A,B-1);
}

Fungsi Rekursif Faktorial C/ C++

Berikut ini adalah fungsi faktorial dengan menggunakan rekursif:
int Faktorial(int f){
    if(f==0)
       return 1;
   else
       return f*Faktorial(f-1);
}

Thursday, February 3, 2011

Assembly Hidden File

code Segment
Assume Cs : code
    org 100h
start :                                                  
    jmp mulai
    filename db "D:\file.txt",00    ;tempat file tersimpan
   
mulai:
    mov ah,43h               ;43h adalah fungsi untuk mengatur atribut file
    mov al,01                ;01 untuk mengubah atribut dari suatu file
    mov cx,02h               ;02h adalah kode bit untuk atribut hidden file
    mov dx, Offset filename  ;filename sebagai nama filenya
    int 21h                  ;lakukan perubahan atribut file

    int 20h
code Ends
    end start